Thursday, August 9, 2012

Inter Terus Pangkas Pengeluaran


Aturan Financial Fair Play dan absen di Liga Champions, Inter dipaksa mengubah kebijakannya. 


Jika melepas Julio Cesar, Inter bakal berhemat 4,5 juta euro per tahun.


Langkah berani ditempuh manajemen Inter menjelang bergulirnya musim 2012-13. Mereka menerapkan program-program tak terpopuler seperti melepas beberapa pemain bintang. Lucio yang kontraknya berakhir, diizinkan bergabung dengan Juventus. Sementara, Diego Forlan terbang ke Brasil, bersama Internacional.


Sederet bintang yang tercelat dari Giuseppe Meazza masih mungkin bertambah. Manajemen mengindikasikan bersedia untuk menjual kiper Julio Cesar. Belum lagi gelandang veteran Dejan Stankovic yang nasibnya masih belum jelas. Pun dengan bek asal Brasil Maicon. Padahal, Lucio, Maicon dan Stankovic merupakan aktor penting saat La Beneamata meraih treble winners pada 2009-10 lalu.


Dalih menuju era baru menjadi alasan di balik penerapan program tersebut. Apalagi transfer Inter pun tak lagi “menggila”. Mereka benar-benar lebih selektif dan hati-hati. Selain itu, mereka pun mulai condong melakukan peremajaan. Samir Handanovic dan Matias Silvestre adalah dua pemain baru yang usianya baru menginjak 27 tahun.


“Dalam skala satu sampai 10, semangat saya berada pada angka 10. Kami sedang membangun sesuatu yang penuh kredibilitas dan kekuatan serta sesuatu yang dapat dipertahankan. Kami sedang membangun sebuah proyek baru berdasar pemain-pemain muda. Dan, Andrea Stramaccioni adalah simbol kami di dalamnya. Kami ingin memulai untuk menang lagi. Ini adalah tahun nol untuk Inter,” sebut Presiden Inter, Massimo Moratti, seperti dirilis La Gazzetta dello Sport.



Kesuksesan allenatore Stramaccioni bersama Tim Primavera Inter membuat Moratti mulai mengubah kebijakannya. Dia meyakini, tim dengan pondasi pemain muda akan dengan mudah mencapai keberhasilan. Oleh karenanya, Inter dibawanya menuju era baru. Sebuah hal yang sebelumnya sangat jarang dilakukan Moratti.


“Memang benar setiap langkah baru memiliki beberapa risiko, tapi kami tak perlu takut. Kami harus bersemangat,”  imbuh sang patron.


Faktor Penting


Era baru yang sedang dibangun Moratti tak akan terlaksana andai Inter tak “dipaksa” karena dua faktor. Pertama adalah adanya aturan Financial Fair Play dari UEFA. Sudah barang tentu Moratti menginginkan kerugian klub bisa tereduksi. Inter berusaha keras menurunkan kerugian hingga 45 juta euro (sekitar Rp519,2 miliar) per tahun. Itu batas toleransi dari aturan Financial Fair Play.


Berdasar data, transfer yang dilakukan Inter tak terlalu menguntungkan. Itu yang disampaikan Direktur Olahraga Marco Branca.


“Untuk saat ini, kami harus memutuskan bahwa dari segi ekonomi, kebijakan yang kami ambil akan membawa berkah dalam beberapa musim mendatang. Dibanding  klub besar lain di Eropa, kami sama dalam hal pengeluaran, tapi pendapatan kami hanya setengahnya. Ini yang akan kami ubah,” sebut Branca.


Benar, penjualan pemain bintang, kemudian membeli pemain muda dengan harga relatif murah bisa menguntungkan dalam strategi transfer. Selain itu, keuangan klub akan lebih stabil dan kerugian bisa direduksi karena pemain bintang rata-rata bergaji tinggi. Sewaktu di Inter, Lucio dan Forlan bergaji 3,5 juta euro per tahun. Itu berarti, Inter menghemat 7 juta euro. Inter bisa menghemat lagi sebesar 11,5 juta euro andai menjual Maicon, Julio Cesar, dan Stankovic.


Faktor kedua absen di Liga Champions. Itu berarti Inter kehilangan 3,9 juta euro (sekitar Rp46,6 miliar) dari UEFA sebagai uang partisipasi. Inter pun kehilangan minimal 3,3 juta euro (sekitar Rp39 miliar) uang dari pertandingan selama di fase grup.


Itu berarti, La Beneamata tak memiliki dana tambahan untuk membeli pemain yang berlabel bintang. Sebagai solusinya adalah membeli pemain muda potensial yang harganya masih terjangkau.


Toh, di balik semuanya pasti ada berkah. Moratti yakin, era baru “terpaksa” yang dibangun Inter bakal melahirkan kejayaan kembali.


Penghematan di Sektor Gaji 
Pengeluaran gaji per tahun musim lalu: 145 juta euro
Gaji pemain yang sudah dilepas: Lucio (3,5 juta euro per tahun), Forlan (3,5 juta euro)
Penghematan musim depan: 7 juta euro
Gaji pemain yang mungkin dilepas: Maicon (4 juta euro), Julio Cesar (4,5 juta euro), Stankovic (3 juta euro)
Prediksi tambahan penghematan: 11,5 juta euro
Prediksi total penghematan: 18,5 juta euro




Neraca Transfer Inter Lima Musim Terakhir

Musim
Pemasukan Transfer
Pengeluaran Transfer
Keterangan
2012-13*
7,5 juta euro
23,5 juta euro
Rugi 16 juta euro
2011-12
52,15 juta euro
42 juta euro
Untung 10,15 juta euro
2010-11
67,5 juta euro
48,28 juta euro
Untung 19,22 juta euro
2009-10
108,9 juta euro
94,2 juta euro
Untung 14,7 juta euro
2008-09
7,6 juta euro
60,6 juta euro
Rugi 53 juta euro

No comments:

Post a Comment

In Memoriam: Giacinto Facchetti

In Memoriam: Giacinto Facchetti