Thursday, February 10, 2011

Zanetti Terus Mengejar Milestone


Sambutan meriah diterima kapten Inter Milan, Javier Zanetti saat ditarik keluar, dan digantikan oleh Davide Santon pada babak kedua partai melawan Bologna, (15/1). Para Interisti memang tahu, laga melawan Bologna merupakan pencapaian yang ke-519 di Serie-A bagi sang kapten. Itulah jumlah terbanyak yang diraih pemain Inter di kancah Serie-A.

Dan, pencapaian itu menjadi rekor terbaru bagi Zanetti. Rekor yang membuatnya disandingkan dengan legenda sekaligus kapten Inter sebelumnya, Giuseppe 'Zio' Bergomi. Saat mengakhiri kariernya, Bergomi juga sudah mencapai angka 519 dalam penampilannya bersama skuad La Beneamata.

Dan kini, hingga laga ke-23 Inter di musim ini saat menang 5-3 atas AS Roma, Zanetti total mengoleksi 524 penampilan. Kini pemain yang akrab dengan julukan Il Trattore itu telah melampaui Bergomi sekaligus menjadi pemain Inter yang mengoleksi caps terbanyak di kancah Serie-A.

Menyambut keberhasilannya tersebut, Zanetti tentunya sangat gembira. Sesaat sebelum laga melawan Bologna usai, dia pun coba menghampiri fans setianya dari pinggir lapangan sekaligus memberi aplaus buat mereka. Zanetti memang sudah menganggap Inter beserta para Interisti sebagai keluarga keduanya.

"Aku ucapkan terima kasih kepada semua yang berdiri dan memberi sambutan kepadaku," sebut Zanetti. "Fans selalu sangat berarti bagiku. Aku merupakan bagian dari keluarga besar Inter. Ketika aku datang pada 1995 lalu, aku bukan siapa-siapa. Keluarga Moratti menyambutku dengan tangan terbuka saat itu."

"Aku ingin mengakhiri karier di sini. Kami sudah memenangi banyak gelar, dan aku ingin terus memberikan sesuatu buat Inter," imbuh dia.

Mengenai peluang La Beneamata mempertahankan Scudetto , Zanetti pun mencoba bersikap optimistis.

"Apa kami masih berpeluang meraih Scudetto? Segalanya masih mungkin. Kami punya masalah cedera beberapa waktu lalu, tapi sekarang kami kembali ke jalur dan akan memberikan yang terbaik," pungkas dia.

Zanetti telah menjadi legenda baru di Inter Milan. Pemain Argentina berusia 37 tahun itu pun menjadi sosok terlama yang pernah berseragam Inter. Terhitung sejak 1995, Zanetti telah berdomisili di Appiano Gentile.

"Aku sangat senang telah bermain begitu banyak pertandingan. Menjadi kapten untuk jangka waktu lama merupakan sebuah kebanggaan," ujar Zanetti saat diwawancarai ESPN.

Dengan usia yang sudah menjelang akhir karier sebagai seorang pemain, Zanetti berencana untuk menutup karier di Inter. Setidaknya, dia akan menyelesaikan sisa kontraknya di Inter sebelum memutuskan gantung sepatu.

"Aku masih punya kontrak dua tahun lagi, yang kuharap bisa dilalui dengan terus bermain. Setelah itu, aku akan menilai bagaiamana perasaanku saat itu. Yang jelas, aku akan mengakhiri karier di Inter," tandasnya. (Irawan)

Rekor penampilan pemain Inter Milan di Serie-A:

524 - Javier Zanetti

519 - Giuseppe Bergomi

476 - Giacinto Facchetti

418 - Sandro Mazzola

414 - Mario Corso

392 - Giuseppe Baresi

365 - Giuseppe Meazza

16 Januari 2011 | 05:31

No comments:

Post a Comment

In Memoriam: Giacinto Facchetti

In Memoriam: Giacinto Facchetti